OSS (Sistem Online Single Submission) Layanan Perizinan Sangat membantu

OSS (Sistem Online Single Submission), Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik yang diluncurkan tahun 2018, tepatnya pada tangga 9 Juli 2018 lalu di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. sangat mendapat respon yang sangat positif bagi masyarakat khususnya pelaku usaha yang ada di Indonesia.

Bomax

bomax

OSS yang pelaksanaannya diatur dalam PP Nomor 24 Tahun 2018, merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, yang selama ini dilakukan melalui Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Selain melalui PTSP, masyarakat dapat mengakses Sistem OSS secara daring di mana pun dan kapan pun.

Nantinya, NIB akan berfungsi sebagai identitas berusaha dan dapat digunakan pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial atau operasional. Termasuk saat harus memenuhi persyaratan lain untuk izin usaha dan izin komersial atau operasional. NIB juga akan berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan hak akses kepabeanan. Pelaku usaha yang telah menerima NIB sekaligus terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan. Disini lah rintah upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah.

Leave a Reply